Visa Extension? -Seluk Beluk Perpanjangan Visa Pelajar di Korea

“Before anything else, preparation is the key to success.” – Alexander Graham Bell

Salam,

Kali ini saya ingin membagi cerita tentang bagaimana cara perpanjangan visa pelajar di Korea. Sebagai seorang pelajar yang sudah mengalami proses pergantian visa (dari visa belajar bahasa D-4 ke visa pelajar reguler D-2) dan juga perpanjangan visa pelajar reguler D-2, kantor imigrasi jadi tempat populer untuk saya kunjungi pada awal-awal semester.

Nah, sudah cukup banyak teman-teman yang juga mengalami pengalaman yang sama ketika mereka harus perpanjang visa D-2, bingung dengan syarat yang harus disiapkan untuk ini. Saya pun harus tanya-tanya kantor urusan internasional kampus, atau tanya teman-teman yang sudah pernah, atau langsung menelepon kantor imigrasi di Seoul.

Berikut syarat-syarat yang setahu saya, harus disiapkan sebelum maju tempur dengan petugas imigrasi di masing-masing kota tempat teman-teman pelajar Indonesia di Korea tinggal:

  • Application form (bisa didownload di sini, atau diisi langsung di kantor imigrasi)
  • Passport 
  • Alien card 
  • Certificate of enrollment (atau kalau tidak bisa ngeprint ini karena sudah selesai kelas/course, bisa melampirkan certificate of research student)
  • Transcript
  • Tuition fee receipt payment 
  • Certificate of bank balance in your Korean bank account (pengalaman saya, mereka minta KRW 700,000 per bulan dan dikali jumlah bulan sebanyak kita mau perpanjang, jadi kalau satu semester jadi 6 bulan berarti harus ada KRW 4,200,000 di rekening kita)
  • Proof of current residence (confirmation document of dormitory residence, bills for public utility charges, lease contract or etc.)
  • TBC test result (negative) (Tes TBC bisa dilakukan di klinik kecamatan (보건소)terdekat atau di rumah sakit terdekat)
  • Recommendation letter from professor (Biasanya ini ada formatnya dari kampus)
  • Fee (KRW 30,000)

Setelah mempersiapkan semua dokumen ini, jangan lupa kita juga harus reserve tanggal kedatangan ke imigrasi. Karena mereka tidak melayani lagi tanpa reservasi. Bisa, tapi harus pada tanggal visa kita berakhir.

Perpanjangan visa bisa dilakukan minimal 1-2 bulan sebelum visa berakhir. Untuk reservasi kita harus buka website kantor imigrasi dan langsung reservasi di sana.

Sukses buat teman-teman yang harus perpanjang visa pelajar di sini! Syarat-syarat ini sesuai dengan informasi yang saya dapatkan berdasarkan pengalaman dan juga dari hasil saya mencari informasi dari website-website lainnya. Semoga dengan sharing saya kali ini, teman-teman yang bingung dengan persyaratannya bisa lebih paham lagi dan mempersiapkan dengan baik, supaya tidak bolak-balik ke kantor imigrasi.

 

Salam,

di kantor saya.

25 Juli 2017, 10.06am.

 

 

 

 

Advertisements

5 thoughts on “Visa Extension? -Seluk Beluk Perpanjangan Visa Pelajar di Korea

  1. Terima kasih banyak Mba Feby informasinya. InshaAllah beberapa minggu lagi saya juga akan ke Korea untuk master dan program bahasa Korea (KGSP-G 2017).
    Saya mau tanya mba, untuk proses perubahan D4 ke D2 apakah sama syaratnya? Perihal transcript untuk D4 ke D2 artinya transcript saat program bahasa ya?
    Serta apakah perlu membawa ijazah dan transkrip S1 kita di Indonesia yg sudah di fotocopy dan di appostile?

    Terima kasih banyak mba.
    Wassalam. Wr wb.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s